GITEKSANDA

Sejarah "GITEKSANDA" di SMK "TEKSTIL" Pandaan



               


                SMK “TEKSTIL” Pandaan adalah salah satu SMK terbesar se-Kab. Pasuruan. SMK ini juga mempunyai  Bakat Unggulan yang selama ini banyak digemari oleh masyrakat banyak. Salah satu bakat ini juga menjadi extrakulikuler yang banyak digemari oleh sebagian Besar siswa SMK “TEKSTIL” Pandaan Yaitu Marching Band. Marching Band adalah nama grup music dram band yang memiliki beberapa jenis alat music yang nantinya akan dipadukan menjadi satu Lagu dengan berbagai Aransemen sendiri.  Tak tanggung-tanggung juga Grup music ini juga telah dikenal oleh Khalayak, bahk dalam kota maupun luar kota.

                Grum music  Drum Band/Marching Band ini berdiri sejak tahun 2009 di SMK “TEKSTIL” pandaan. Angkatan pertama dalam anggota Marching Band ini sebagian besar sudah Lulus dari SMK “TEKSTIL” Pandaan namun para alumni ini sangat berpotensi sekali. Kenapa ? karna para alumni tidak dimembuang ilmu mereka degan sia-sia. Kebanyakan dari mereka malah menjadi pelatih Marching band didaerah mereka entah ditempat kerjanya atau diluar tempat kerjanya. Dalam anggota Marching Band ini tentunya kita harus mempunyai suatu nama Untuk Organisasi agar dapat menunjang kelangsungan organisasi kita. SMK “TEKTIL” Pandaan telah menentukan bahwa nama Marching Bang kita adalah “GITEKSANDA” yang artinya Gita Tekstil Pandaan.

                Pada awal perjalanan berdirinya “GITEKSANDA”  sekolah kita masik merasa takut akan ancaman dari organisasi-organisasi yang lain. Karna saingan dari organisasi luar begitu berat, namun dengan Niat dan usaha kita bisa menjadi seperti Organisasi lain yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat.  Setelah melewati beberapa kali latihan, dengan mandi keringan dan panas-panasan akhirnya SMK “TEKSTIL” pandaan yakin dan percaya untuk mengikutkan Marching band “GITEKSANDA” dalam lomba merebutkan Piala Kab. Pasuruan yang waktu itu dilaksanakan di The Taman Dayu - Pandaan, Jawa Timur. Dengan semangat tinggi dan Kerja keras akhirnya kita mendapatkan juara Pertama se- kab.Pasuruan dimana piala tersebut belum pernah direbut oleh Marching band yang lain, Kecuali untuk Juara Bertahan dan Hanya “GITEKSANDA” yang mampu menaklukkan Juara Bertahan Tersebut.

                GITEKSANDA kini menjadi kebanggaan dari SMK “TEKSTIL” Pandaan karna dari kemenanganya itu sekolah kita menjadi dikenal oleh masyarakat luas. Namun kita tidak boleh sombong akan keberhasilan yang kita raih dan tetap harus berusaha. Tapi nyatanya “GITEKSANDA” tidak pernah puas akan keberhasilan yang sudah diraihnnya. Keberhasilan tersebut akan menjadi motivasi untuk “GITEKSANDA” melangkah keTingkat yang lebih tinggi yakni Tingkat Provinsi dan Akhirnya kita di pilih Oleh Dinas Pendidikan Kab. Pasuruan untuk mewakili kab. Pasuruan mengikuti lomba Marching Band tingkat Provinsi. Kabar yang sangat membanggkan untuk sekolah kita, karna untuk pertama kali “GITEKSANDA”  bisa menginjakan kaki di Tingkat Provinsi, namun pastilah sangat sulit karna lawan kita ditingkat ini pasti lebih sulit karna dari sebagian besar pengikut lomba adalah Marching Band terbaik di Kabupatennya sendiri-sendiri.

                Serangkaian Latihan demi terciptanya lagu dan tarian yang dapat menunjang kemenangan sudah kita lakukan dan berbagai pengorbanan sampai rela meninggalkan pelajaran sekolah demi keberhasilan bersama, Namun kita tak lupa selalu bersyukur kepada Tuhan dan selalu berterima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah dan Guru-Guru yang sudah memberikan kita semua keringanan dalam belajar dan selalu menyuport kita dalam segala Hal, Mulai awal latihan dan sampai sekarang kita mengijakan kaki di perlombaan yang sungguh megah dan takkan terbayangkan lagi kalau kita akan Menang. 7 Km kita telah kita lewati dengan sangat lelah namun kita tetap bertahan dan selalu senyum karna kita yankin kita pasti akan menjadi juara. Sesampainya Finis seluruh anggota “GITEKSANDA” langsung mengembuskan nafas dan mereka semua bilang ALHAMDULILLAH …. Dengan berbagai gurauan. Tanpa menunggu pengumuman kemenangan kitapun bergegas untuk kembali ke SMK “TEKSTIL” PANDAAN karna kita sudah lelah. Sesampainya di sekolah kita mendapat kabar dari salah satu guru yang masih setia di sana meunggu pengumuman kemenangan dan akhirnya kita memenangkan perlombaan Marching Band tersebut dengan mendapatkan JUARA II se-Provinsi Jawa Timur. Sungguh kebangaan yang sangat luar biasa bagi kite semua, Mulai dari situlah Karir “GITEKSANDA” melambung tinggi sampai kita sering diundang untuk menjadi Bintang Tamu dari acara-acara yang megah. Entah HUT. Kab. Pasuruan, HUT. BRI, HAORNAS dan tak tanggung-tanggung lagi kita diundang unutk mengikuti pagelaran Marching Band di Gedung GRAHADI Surabaya. Namun sekolah tidak menyetujui tawaran itu karna memerlukan biaya yang cukup besar. Tapi tak apalah semua itu pasti bisa terbalaskan dengan penmpilan kita yang sangat memuaskan di penampilan kita selanjutnya.

                Kini GITEKSANDA menjadi salah satu Marching Band terbaik se-Kab. Pasuruan dan akan selalu menjadi yang terbaik. Dengan seiring berjalannya waktu semoga semua tetap abadi dan selalu meja demi nama baik SMK “TEKSTIL” Pandaan. Terima Kasih GITEKSANDA kautlah memberikan pengalaman dan membuat aku mengerti arti pengorbanan.

Tidak ada komentar: